riau24

Gubernur Riau Terpilih Syamsuar Pilih Golkar atau PAN, Ini Kata Pengamat

Senin, 14 Januari 2019 | 21:05 WIB
Syamsuar, Gubernur Riau terpilih (foto/int) Syamsuar, Gubernur Riau terpilih (foto/int)

RIAU24.COM -  Senin 14 Januari 2019, Gubernur Riau terpilih Syamsuar hingga saat ini belum dipilih sebagai Ketua DPW PAN Riau. Sebelumnya Ketua PAN Riau saat ini, Irwan Nasir menyebut pilihan untuk menjadikan Syamsuar ketua PAN Riau tidak berubah. 



BACA JUGA : Jelang Debat, Sosok ini Sebut Petahana Pakai 'Amunisi' Lama Untuk Serang Pasangan Prabowo-Sandi

Namun Syamsuar termasuk satu dari sekian Kepala Daerah di Riau yang mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Sehingga mencuat agenda kemungkinan peluang Syamsuar jadi Ketua Golkar Riau menggantikan Andi Rachman. 

Menurut pengamat politik Riau, Jupendri, Gubernur Riau terpilih Syamsuar punya tiga opsi untuk dipilih. "Pertama Syamsuar akan memilih PAN, karena jelas dengan perahu PAN bersama partai lainnya dia bisa menang Pilgub Riau. Kedua dia akan memilih Golkar. Mengingat Syamsuar merupakan orang lama di Golkar sebelumnya. Terlebih lagi dengan deklarasi Syamsuar mendukung Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Dan jelas Golkar termasuk partai pengusung Jokowi-Ma'ruf," sebut Dosen di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) ini. 



BACA JUGA : Jadi Penjilat Jokowi, Tompi Mencla-Mencle Terkait Pidato Prabowo Soal Gaji Dokter

"Ketiga atau pilihan terakhir Syamsuar tidak akan memilih keduanya, baik PAN atau Golkar. Dia hanya akan menjadi King Maker. Tetapi tetap pertimbangan-pertimbangan itu semua bergantung pada hasil pemilu legislatif dan Pilpres 2019," sebutnya. 

Sebab menurut Jupendri, sebagai Gubernur Riau terpilih, Syamsuar juga mesti mempertimbangkan "kekuatan" di DPRD Provinsi Riau. Sebab tiap program yang dibuat Pemprov Riau juga mesti sepengetahuan dan disetujui DPRD Riau. 

"Jadi misal saja, hasil pemilu legislatif menunjukkan Golkar meraih banyak kursi. Lalu PAN tidak meraih banyak kursi, tentu ini akan jadi salah satu pertimbangan. Dan tentu saja itu juga bisa berubah, sesuai dengan hitungan politiknya. Atau nanti misal Prabowo-Sandi menang Pilpres 2019, juga akan bisa mengubah peta politiknya. Begitu pun sebaliknya," katanya. 

Meski demikian, Jupendri memperkirakan Syamsuar akan pilih PAN atau Golkar itu ditentukan setelah Pilpres dan Pileg 2019 usai. "Apakah Syamsuar pilih PAN atau Golkar, prediksi saya baru bisa diketahui setelah presiden terpilih sudah ditentukan dan hasil Pileg juga sudah diketahui," tutupnya. 

Seperti diketahui Syamsuar-Edy Natar maju di Pilgubri dengan berbekal usungan PAN, Nasdem, dan PKS. Kemudian setelah bersaing dengan tiga pasangan lainnya, Syamsuar-Edy Natar ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilkada Serentak di Riau. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...