riau24

Dua Kepala Daerah Komit Usung Program Tersinergi

Senin, 14 Januari 2019 | 20:05 WIB
H Syamusar saat menghadiri silaturahmi masyarakat di Taman Olahraga Politeknik Caltex Rumbai pada Senin(14/01/2019)/lin H Syamusar saat menghadiri silaturahmi masyarakat di Taman Olahraga Politeknik Caltex Rumbai pada Senin(14/01/2019)/lin

RIAU24.COM -  SIAK - Akselerasi pembangunan daerah baik di kabupaten maupun kota di Provinsi Riau harus diselenggarakan terintegrasi dan sinergi, agar potensi kemajuan yang dimiliki dapat bersaing dengan daerah lain di pulau Sumatera.

Menyadari hal tersebut, dua kepala daerah yakni Bupati Siak H Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus menyapa masyarakat Kecamatan Rumbai dan Rumbai pesisir yang berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Siak untuk menjelaskan rencana pembangunan tersinergi yang tertuang dalam konsep pengembangan kewilayahan Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan).

Dalam kegiatan yang juga diisi agenda olahraga bersama, bazaar dan silaturahmi masyarakat di Taman Olahraga Politeknik Caltex Rumbai pada Senin(14/01/2019) tersebut, tampak Bupati Siak Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus disambut antusias masyarakat yang berbaur di lokasi pelaksanakan kegiatan.



BACA JUGA : Tahun 2018 Siak Mampu Tekan Angka Kriminalitas

Kedua kepala daerah dalam masing-masing sambutannya, menyatakan komitmen untuk membangun daerah dengan perencanaan pembangunan yang terkoneksi dan terintegrasi, sesuai visi Pekansikawan.

Dikatakan Bupati Siak Syamsuar, saat ini Kabupaten Siak terus berbenah memantapkan diri sebagai destinasi unggulan pariwisata di Riau. Hal tersebut tentunya turut berdampak pada perekonomian di kota Pekanbaru sebagai pintu gerbang utama Provinsi Riau yang berjuluk Negeri lancang Kuning.

“Saat ini kami di Kabupaten Siak terus berbenah mengembangkan potensi unggulan sebagai daerah pariwisata. Kemarin kita juga melaksanakan syuting film Iqra’ 2 yang diharapkan dapat mempromosikan daerah seperti halnya Belitung populer oleh Film Laskar Pelangi. Nantinya kalau pariwisata Siak maju pesat, tentunya Pekanbaru juga diuntungkan sebagai gerbang utama Provinsi Riau” kata Gubernur Riau terpilih ini.

Ke depan kata Syamsuar, Pemkab Siak bersama Pemko Pekanbaru akan bersama-sama mengusulkan dan mensukseskan pembangunan sejumlah infratruktur penting di kedua daerah, misalnya pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai yang sedang berjalan dan jalur kereta api lintas sumatera yang direncanakan melewati Kecamatan Minas dan Kandis Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru.

“Kita bersyukur pembangunan Tol Pekanbaru - Dumai progresnya terbilang cepat di masa pemerintahan bapak Presiden Joko Widodo. Nantinya kita juga dukung rencana pengembangan infrastruktur lanjutan tol tersebut di Pekanbaru dan Kampar. Demikian pula rencana pembangunan jalur kereta api dari Sumatera Utara, kita ingin ke depan ditindaklanjuti melewati Kabupaten Siak dan Pekanbaru,” ungkapnya.

Walikota Pekanbaru Firdaus dalam kesempatan yang sama juga mengungkap hal senada, bahwa membangun daerah yang kebutuhan infrastrukturnya sangat besar tidak bisa sendiri dan harus bersinergi baik dengaan antar pemerintah daerah maupun dengan pemerintah provinsi dan pusat.



BACA JUGA : Menko Luhut Kagum Akan Kesuburan Tanah Siak

“Luas wilayah Kota Pekanbaru hampir sama dengan Singapura dan DKI Jakarta, sementara kemampuan anggaran untuk membangun infrastruktur hanya berkisar 10 persen dari total dana dibutuhkan. Beryukur kita hari ini presiden Joko Widodo memberikan perhatian pada infrasturtur Tol Sumatera. Kedepan kita perlu bersinergi baik dengan pemerintah daerah tetangga maupun pemerintah Provinsi Riau nantinya” kata Firdaus.

“Harapan saya kepada Pak Syamsuar sebagai Gubernur Riau terpilih, agar nantinya bentuk kerjasama antara Pekansikawan (Pekanbaru,Siak,Kampar Pelalawan) dapat segera kita wujudkan dalam konsep pembangunan terintegrasi dan saling terhubung untuk akselerasi pemerataan pembangunan di Provinsi Riau. Maju Kota Pekanbaru, Insya Allah maju pula Provinsi Riau” sebutnya.(***)

 

R24/phi

 

PenulisR24/lin


Loading...

loading...