riau24

Februari Nanti, Jembatan Siak IV akan Dilakukan Uji Kelayakan

Kamis, 10 Januari 2019 | 15:56 WIB
Jembatan Siak IV Jembatan Siak IV

RIAU24.COM - Sampai saat ini, pihak kontraktor masih melakukan pengerjaan Jembatan Siak IV. Meski dalam tahap pengerjaan, pihak dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau berencana akan melalukan  proses uji kelayakan pada bulan Februari 2019 nanti.

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, loading test jembatan Siak IV itu akan dilakukan langsung oleh Kementerian PUPR.

"Diperkirakan tanggal 20 Januari nanti bagian badan jembatan sudah tersambung sempurna. Dari pihak rekanan berencana akan menggelar sedikit seremonial saat itu," kata Dadang.

Kemudian dia menjelaskan, pada saat lewat tanggal 20 Januari, nantinya akan dilakukan proses pengecoran dan pengaspalan secara utuh.

Selain itu, Pemprov Riau sendiri akan melakukan soft opening pada akhir Januari atau paling lama awal Februari 2019 mendatang.

Kemudian, terkait dengan rencana uji kelayakan beban, pihak PUPR sudah membicarakan dengan Kementerian PUPR. Kata Dadang, tes beban ini wajib dilakukan untuk menguji ketahanan atau kemampuan seberapa besar beban yang mampu ditanggung jembatan baru itu.

Setelah digelarnya soft opening, untuk sementara hanya akan dilintasi oleh mobil-mobil biasa dan mobil petugas. "Tapi untuk menjaga keamanan, sebaiknya operasional secara keseluruhan dibuka setelah loading test," tutup Dadang.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...