riau24

Hanya Kalah dari Ronaldo, Pemain India Ini Jadi Pencetak Gol Paling Subur di Dunia

Kamis, 10 Januari 2019 | 11:19 WIB
Sunil Chhetri Sunil Chhetri

RIAU24.COM -  Pesepakbola India Sunil Chhetri telah menjadi pencetak gol terbanyak kedua di dunia dalam tim sepak bola nasional. Dengan prestasinya ini Sunil berhasil menyalip pemain sepak bola Argentina, Lionel Messi.

Dua gol yang dicetaknya saat pertandingan pembukaan Piala Asia melawan Thailand di Abu Dhabi, Chhetri telah mencetak total 67 untuk India sejak pertandingan nasional pertamanya pada 2005. Jumlah ini dua gol lebih banyak dari yang dibukukan Messi.

Satu-satunya pesepakbola yang mencetak lebih dari Chhetri adalah Cristiano Ronaldo dari Portugal, yang telah mencetak 85 gol untuk tim nasionalnya.

"Tidak ada perbandingan apa pun antara saya dan Lionel Messi atau Ronaldo, tetapi saya sangat, sangat tersanjung," kata Chhetri.

"Saya tidak menerima begitu saja, gol yang saya cetak untuk negara saya. Setiap kali saya mendapat kesempatan, saya melakukan yang terbaik untuk mencetak gol," tambah striker 34 tahun untuk Bengaluru FC ini.

Setelah pertandingan, pelatih kepala India Stephen Constantine memuji Chhetri, menyebutnya sebagai inspirasi bagi rekan satu timnya.

"Sunil Chhetri adalah profesional absolut dan telah menunjukkan waktu dan waktu lagi, dia memberikan segalanya untuk India setiap kali dia bermain," kata Constantine. "Dia adalah pencetak gol fenomenal di level ini," sambungnya.

"Dia telah bekerja sangat keras selama bertahun-tahun dan selalu berusaha sebaik mungkin dan menginspirasi rekan satu timnya," tambah Constantine.

Terlepas dari keberhasilannya untuk tim nasional, karier profesional Chhetri sebagian besar terjadi di negara asalnya yang menyebabkan anonimitas relatifnya dalam sepakbola internasional.

Sunil pernah dikaitkan dengan beberapa klub Eropa, tetapi transfer definitif tidak pernah terjadi meskipun ada minat dari klub Inggris Coventry dan Queens Park Rangers (QPR) dan klub Portugal Sporting Lisbon.

Pertandingan melawan Thailand tidak hanya penting bagi Chhetri, tetapi juga menandai kemenangan Piala Asia pertama India sejak 1964. Pertandingan India selanjutnya adalah melawan Uni Emirat Arab dan Bahrain.**

 

 

R24/bara

PenulisR24/bara


Loading...

loading...