riau24

Tahun Ini Gerhana Matahari Cincin Akan Muncul di Sungai Apit Siak

Rabu, 09 Januari 2019 | 16:23 WIB
Gerhana Matahari Cincin /int Gerhana Matahari Cincin /int

RIAU24.COM -  SIAK - Rencanakan perjalanan mu ke Kabupaten Siak Riau pada 26 Desember 2019 mendatang. Pasalnya, Siak menjadi salah satu titik yang dilewati Gerhana Matahari Cincin pada waktu itu.

"Gerhana matahari cincin sudah masuk ke dalam kalender pariwisata Siak. Untuk menunggu peristiwa itu, kita merayakannya dengan berbagai kegiatan kesenian," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak, Fauzi Asni melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata  Siak Basriansyah, Rabu (09/01/2019).



BACA JUGA : Warga Minas Siak Digemparkan dengan Penemuan Sesosok Mayat Wanita Tanpa Identitas Tergeletak di Semak-semak

Indonesia yang dilalui peristiwa alam langka ini hanya di Siak, Riau. Peristiwa yang dijuluki "Ring of Fire" ini terjadi saat bulan menutupi pusat matahari, tetapi masih meninggalkan tepian luar matahari, sehingga membentuk seperti lingkaran api atau anulus, bila diperhatikan dari permukaan bumi. Sebab, diameter bulan tidak cukup besar menutupi seluruh permukaan matahari.

Koordinat yang dilalui berada di L01 derajat, 00' 42,28 " LU 102 derajat 15'32, 09" BT. Puncak Gerhana Matahari Cincin pada titik itu terjadi pada pukul 12:17:42 WIB.Sedangkan lama fase puncak Gerhana Matahari Cincin 2019 mendatang sekitar 3 menit 40 detik, dengan durasi globalnya adalah 5 jam 35 menit 58 detik.

Panjang lintasan gerhana di atas permukaan bumi kurang lebih sekitar 12.850 kilometer dengan lebar penumbra kurang lebih 8.771 Km.Selain Indonesia, wilayah yang akan terkena Gerhana Matahari Cincin 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Langka, Singapura, Malaysia, dan Filipina.



BACA JUGA : 93.800 Ribu Jiwa Masyarakat Siak Tercatat Sebagai Warga Miskin

Menurut Basriansyah, pusat yang dilewati Gerhana Matahati Cincin 2019 ada di kampung Lalang, kecamatan Sungai Apit.Kampung ini berada di tepian pantai Timur Sumatra, peraiaran yang dekat dengan kepulauan Meranti, provinsi Riau.

"Kita prediksi banyak orang yang bakal datang ke Siak. Karena itu, kita agendakan mengelar berbagai gelaran seni budaya di kampung lalang," kata Basriansyah.(***)


R24/phi

PenulisR24/lin


Loading...

loading...

Terpopuler