riau24

Cuaca Tidak Menentu, KSOP Bengkalis Keluarkan Surat Imbauan

Minggu, 06 Januari 2019 | 20:46 WIB
KSOP Bengkalis/hari KSOP Bengkalis/hari

RIAU24.COM -  BENGKALIS - Saat ini kondisi di perairan selat Bengkalis sejak beberapa hari terakhir dalam keadaan tidak menentu. Dari kondisi cuaca hingga ketinggian gelombang cenderung berubah rubah setiap waktu.

Dengan kondisi itu membuat Kesyabandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis mulai mengeluarkan imbauan tertulis kepada nakhoda kapal dan perusahaan pelayaran yang berlayar di perairan Bengkalis.

Hal ini disampaikan langsung Kepala KSOP Bengkalis Julharia melalui Kepala Tata Usaha KSOP Bengkalis Syafrizal. Diutarakan Syafrizal bahwa kondisi perairan Bengkalis sampai saat ini memang masih bisa Kapal yang berlayar. Namun cuaca dan angin cenderung berubah ubah setiap saatnya.



BACA JUGA : Lapas IIA Bengkalis Jemput Bola, 1.500 Napi Rekam e-KTP

"Sejak beberapa hari lalu kita sudah keluarkan himbauan kepada nakhoda dan perusahaan pelayaran. Dimana kita minta mereka berhati hati terutama kapal pengangkut penumpang," ungkap Syafrizal sore Minggu 6 Januari 2019 melalui via teleponnya.

Dia melanjutkan, imbauan tertulis ini sudah disampaikan ke seluruh kapal baik kapal penumpang domestik maupun kapal penumpang luar negeri. Pihaknya meminta para nakhoda untuk tidak memaksakan diri saat akan berlayar jika menemukan kondisi gelombang tinggi dan angin kencang.

"Karena kondisi cuaca yang tidak menentu ini, kita sampai ke nakhoda untuk tidak memaksakan diri berlayar jika kondisi gelombang tinggi. Kalau bisa berlabuh atau kembali ke pelabuhan asal tunggu kondisi perairan membaik baru melanjutkan perjalanan,"ujarnya.

Kemudian, Syafrizal menerangkan, sejauh ini sepanjang tahun 2019 sejak tanggal 3 Januari kemarin sempat terjadi kondisi cuaca ekstrim di perairan Selat Malaka. Dimana akibat cuaca yang tidak baik ini beberapa kapal penumpang dari Malaysia terpaksa kembali ke pelabuhan Melaka karena tidak bisa menyeberangi menuju Bengkalis.

"Tanggal 3 Januari kemarin kapal Mulia Kencana dari Melaka menuju Bengkalis memang sempat putar arah kembali ke pelabuhan. Karena gelombang tinggi di perairan Melaka sehingga ketibaan di Bengkalis terganggu,"katanya.



BACA JUGA : Malam Puncak Perayaan HUT NNJ Bengkalis Berlangsung Meriah dan Sukses

Namun untuk hari ini, dari data BMKG Pekanbaru, untuk wilayah perairan Bengkalis maupun Melaka masih baik dan bisa dilalui. Namun pihak KSOP meminta seluruh Nakhoda yang melintasi Bengkalis agar senantiasa berhati hati bisa saja sewaktu waktu cuaca berubah ubah.

"Hari ini angin di perairan Bengkalis tidak begitu kuat dan masih bisa layari. Kita tetap meminta nakhoda untuk waspada dan berhati hati,"tambahnya.(***)

 

R24/phi
    

 

PenulisR24/hari


Loading...

loading...