riau24

Pecahkan Rekor, Ikan Tuna Ini Dijual Seharga 3 Juta Dolar, Ini Sosok Pembelinya

Sabtu, 05 Januari 2019 | 20:41 WIB
Kazuhiro mengacungkan tangan untuk menawar ikan tuna//AFP/Getty Images Kazuhiro mengacungkan tangan untuk menawar ikan tuna//AFP/Getty Images

RIAU24.COM -  Pemilik restoran sushi Jepang memecahkan rekor pembelian tuna sirip biru dalam lelang pertama tahun ini di pasar ikan baru Tokyo, Sabtu (5/1/2018).

Kiyoshi Kimura, yang memiliki jaringan restoran Sushizanmai, membayar 333,6 juta yen atau sekitar 3 juta dolar untuk ikan seberat 278 kg yang ditangkap di lepas pantai Aomori Jepang utara. Harga ini dua kali lipat dari yang ia bayarkan enam tahun lalu.

"Tuna terlihat sangat lezat dan sangat segar, tetapi saya pikir saya terlalu banyak," kata Kimura kepada wartawan di luar pasar nanti seperti dilansir telegraph.

"Saya perkirakan akan menjadi antara 30 juta dan 50 juta yen, atau 60 juta yen tertinggi, tetapi berakhir lima kali lebih banyak."

Acara hari Sabtu adalah lelang Tahun Baru pertama di pasar Toyosu.

Kimura memegang rekor harga tertinggi yang dibayarkan untuk seekor ikan di lelang tahun baru selama enam tahun berturut-turut hingga 2017. Namun tahun lalu, pemilik jaringan restoran ikan yang berbeda membayar harga tertinggi.

Setelah pelelangan, ikan itu dibawa ke salah satu cabang Sushizanmai yang berlokasi di pasar lama Tsukiji.

Tuna dihargai di seluruh dunia untuk penggunaannya dalam sushi, tetapi para ahli memperingatkan meningkatnya permintaan telah menjadikannya spesies ikan itu terancam punah.***

 

R24/bara

PenulisR24/bara


Loading...

loading...