riau24

Akhir Pekan Hotspot Belum Sirna, Riau Patut Waspada Kabut Asap

Sabtu, 05 Januari 2019 | 12:20 WIB
Hotspot di Riau (foto ilustrasi) Hotspot di Riau (foto ilustrasi)

RIAU24.COM -  Sabtu 5 Januari 2019, Provinsi Riau hingga saat ini masih ditemui hotspot atau titik panas. Hal ini terjadi sejak curah hujan mulai kurang mengguyur Riau. 

Setidaknya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat ada 7 hotspot di Riau. Seperti yang disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki. 

"Hotspot untuk wilayah Sumatera dengan tingkat kepercayaan di atas 50 persen ada 11 titik. Tersebar paling banyak di Riau 7 titik, Sumatera Barat (Sumbar) 2 titik, Sumatera Selatan (Sumsel) 1 titik, dan Kepulauan Riau 1 titik," kata Marzuki.

Data BMKG mencatat hotspot Riau itu tersebar paling banyak di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) 4 titik, lalu Siak, Dumai, dan Bengkalis masing-masing 1 titik. "Hanya saja hotspot Riau dengan tingkat kepercayaan di atas 70 persen cuma 4 titik. Tersebar di Rohil 2 titik dan sisanya di Dumai dan Bengkalis," sebutnya. Hotspot tersebut belum menimbulkan kabut asap. 

Sementara prakiraan cuaca di Riau siang hingga malam masih ada potensi hujan. "Peluang hujan masih ada potensi mengguyur di sebagian wilayah. Jadi hujannya tidak merata," sebut Marzuki. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...

Terpopuler