riau24

Sukses Mendarat di Bulan, Inilah Mahluk Hidup Yang akan Dikembangkan China di Luar Angkasa

Jumat, 04 Januari 2019 | 21:14 WIB
Foto Bulan yang diambil China. Foto Bulan yang diambil China.

RIAU24.COM -  China sukses mendaratkan pesawat ruang angkasa bernama Chang'e-4 di sisi jauh bulan (3 Januari 2018 waktu Beijing). Hal ini membuat rekor baru dalam sejarah antariksa dunia.

Yang menarik dari misi China di luar angkasa ini adalah, pesawat itu juga membawa beberapa makhluk hidup di dalamnya. Ada benih kentang, selada (Arabidopsis Thaliana), dan telur ulat sutera.

Menurut laporan dalam The Telegraph awal tahun ini, tanaman akan mendukung kehidupan ulat sutera dengan oksigen, dan ulat sutera pada gilirannya akan menyediakan karbon dioksida untuk tanaman dan nutrisi yang diperlukan tanaman melalui limbah mereka.

Para peneliti China ini akan mengamati tanaman dengan hati-hati untuk melihat apakah tanaman tersebut berhasil melakukan fotosintesis, dan tumbuh di lingkungan bulan.

"Kami ingin mempelajari respirasi benih dan fotosintesis di bulan," Xie Gengxin, kepala perancang percobaan, mengatakan kepada Xinhua, seperti dilansir grid.id.

Eksperimen "biosfer" adalah produk kolaborasi antara 28 universitas China, yang dipimpin oleh Universitas Chongqing di China barat daya, menurut Xinhua.

Percobaan itu dilakukan di dalam silinder paduan aluminium 0,8 liter yang beratnya sekitar 3 kilogram yang berisi kotoran, nutrisi dan air.

Sinar matahari akan menyaring ke dalam wadah melalui "tabung", dan kamera kecil akan menonton lingkungan kecil tersebut. Data itu akan kembali ke Bumi melalui sistem relai rumit yang telah disiapkan China untuk terhubung dengan eksperimen yang tidak bisa diakses langsung ke Bumi.

Liu Hanlong, direktur utama percobaan dan wakil presiden Universitas Chongqing, mengatakan eksperimen ini mungkin membantu mengumpulkan pengetahuan untuk membangun tempat tinggal jangka panjang di bulan.***

 

R24/bara

PenulisR24/bara


Loading...

loading...