riau24

Penggiat Wisata Alam Camping Ceria dan Promosikan Puncak Anambawa Rohul

Kamis, 03 Januari 2019 | 21:45 WIB
Komunitas wisata Rohul camping bersama (foto/istimewa) Komunitas wisata Rohul camping bersama (foto/istimewa)

RIAU24.COM -  Kamis 3 Januari 2018, Gabungan Pegiat Alam Rokan Hulu (Rohul) gelar Wisata Camping Ceria, Wisata Baru di Puncak Anambawa Desa Sialang Jaya, Rambah, Rohul. 

Negeri Seribu Suluk selain dikenal Wisata Religi Wilayah ini juga di kelilingi hamparan Bukit Barisan membuat banyak nya perbukitan yang dengan ketinggian rendah – sedang. Dan, dalam beberapa tahun terakhir telah banyak di buka sebagai destinasi wisata. Seperti Puncak Tungkuih Nasi dan Puncak Kabur di Rokan IV koto, Puncak Suligi via Aliantan dan Puncak Suligi Via Koto Ranah di Kecamatan Kabun, dan Puncak Sunsite di Kecamatan. Dan masih banyak destinasi baru yang ada di buka sekitaran Rokan Hulu Seperti Puncak Mengkudu di Rokan IV Koto, Puncak Baru di Kabun, Puncak Batu Ropik di Kecamatan Rambah dan trip kali ini ke Puncak Anambawa di Desa Sialang Jaya, Rambah, Rokan Hulu.

Tidak hanya puncak Anambawa tetapi ada Puncak Sunsite, Air Terjun Sungai Bungo dan Arung Jeram di sekitaran tersebut. Gabungan Penggiat Alam Rokan Hulu melakukan camping ceria di awal tahun di puncak Anambawa, hadir beberapa komunitas Bujang Manjo Adventure, My Trip My Adventure, Pinus Rohul, Rujak Adventure dan berbagai komunitas lainnya.

Kegiatan berlangsung 1 Januari 2019, dari Bujang Manjo Adventure, Yayat mengatakan sangat senang rasanya bisa berkumpul karena bisa sharing dari berbagai komunitas, berbagi pengalaman dan kisah di dunia traveling. Dan berharap sahabat – sahabat penggiat bisa membantu dalam ekspos wisata – wisata umumnya di Rokan Hulu, dan juga bisa membantu dalam ekspedisi wisata khususnya di Desa Sialang Jaya.

"Kemarin kita ekspedisi Arung Jeram Sungai Sorosah Batu Ropik dari Dusun Sungai Bungo akhirnya selesai dan layak nantinya akan di buka untuk umum, hanya piilihan ada dua apakah nanti turun di jalur trabas atau langsung ke Danau Cipogas. Kemudian dalam waktu dekat ekspedisi Puncak Bukit Ropik yang ketinggiannya berkisar 900 Mdpl tersebut, kita sudah buat jalur tetapi berani untuk umum. Semoga ke depannya puncak bukit batu ropik dan Puncak Simalombu bisa dibuka untuk umum," sebut Yayat. 

Sementara Ketua Pemuda Desa Sialang Jaya, Rahmat sangat senang dan berterima kasih kehadiran dari berbagai komunitas penggiat alam Rohul ini. "Kalau bisa sesekali berkumpul semua komunitas dan pokdarwis untuk membuat acara khususnya di wisata yang ada di Desa Sialang Jaya. Tanpa sahabat – sahabat penggiat alam ini yang lebih tau nantinya baik pengembangan dan promosi sehingga bisa membantu memberi semangat dan edukasi wisata kepada pemuda-pemudi yang ada di Desa Sialang Jaya dan nantinya sebagai bahan ajuan kami ke pemerintahan setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat untuk mengembangkan wisata – wisata yang ada di Desa Sialang Jaya. Karena desa ini memiliki objek – objek wisata yang sangat banyak tapi bingung dan masih belum paham untuk di kembangkan seperti apa," sebutnya. 

Dirinya berharap dengan adanya perhatian dan semangat dari penggiat alam rohul ini bisa menambah semangat bagi pemuda yang ada di Desa Sialang Jaya tersebut. 

Safrizal Hasbi, salah satu komunitas Rujak Adventure mengatakan, Bersyukur Negeri Seribu Suluk ini banyak memiliki wisata –wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah sekitar. "Sebut saja kita punya lebih 50 buah lokasi air terjun dengan berbagai bentuk, debit dan tinggi yang tersebar di seluruh kecamatan, perbukitan yang bisa untuk camping, arung jeram, panjat tebing, Goa, dan wisata religi,serta lainnya. Tapi, minat dan respon dari sadar wisata masih minim," katanya. 

Dirinya menyebut terpenting dan yang harus terus berbenah Pokdarwis Thecaretaker Aliantan, KPA – Koto Ranah Kabun, dan Puncak kabur dari Baraw Rokan IV Koto, dan Air Terjun Aek Mertua. "Sayang kita punya lokasi dan potensi wisata yang banyak tapi tidak maksimal. Terkhusus Desa Sialang Jaya Potensi alam yang sangat dan kelestarian alam masih asri, wisata alam seperti Puncak Sunsite, Puncak Anambawa, Puncak Batu Ropik dan Puncak Simalombu yang jika nanti di buka, Jalur Trabas, Wisata Arung jeram Sungai Sorosah Batu Ropik, dan EcoWisata dan Wisata Edukasi di Dusun Sei Bungo. Dan Untuk jarak tidak terlalu jauh seperti daerah lain. Lokasi dekat dengan pusat kota Kabupaten Rokan Hulu. Jadi, harapannya para penggiat alam lainnya juga harus sadar wisata bersama dengan masyarakat untuk membangun dan menjaga wisata yang ada di Rokan Hulu," sebutnya. 

Puncak Anambawa tersebut dengan view Islamic center dan jika nanti menikmati 2 spot lokasi air terjun , dan pulang dari puncak anambawa bisa ke Danau Cipogas, Goa Sikapir, Air Panas Suaman, dan Air Panas Hapanasan. (Rilis) 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...

Terpopuler