riau24

Sedang Diperbaiki, Jalan Menuju Danau Toba Kembali Dihantam Longsor Besar

Kamis, 03 Januari 2019 | 22:00 WIB
Begini penampakan badan jalan menuju Danau Toba, yang kembali tertimbun material longsor. Foto: int Begini penampakan badan jalan menuju Danau Toba, yang kembali tertimbun material longsor. Foto: int

RIAU24.COM -   Musibah tanah longsor, kembali terjadi pada ruas jalan penghubung Kota Pematang Siantar-Parapat Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Longsor itu terjadi saat petugas tengah memperbaiki badan jalan yang rusak, karena dihantam longsor sebelumnya.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang berlangsung Kamis 3 Januari 2019 siang tadi. Namun upaya perbaikan jalan menuju Danau Toba itu, kembali terkendala. Pasalnya, longsor kali ini terhitung besar dan kembali menimbun jalan yang sedang diperbaiki.


"(Longsor) Lebih besar dari sebelum-sebelumnya," ungkap Kapolsek Parapat, AKP Bambang Priyatno, dalam keterangan persnya yang dilansir republika.co.id.



BACA JUGA : Trauma Asistennya Kena Narkoba, Ivan Gunawan Beri Syarat untuk Pegawai Baru

Kronologi kejadian, terangnya, bermula ketika pada siang itu para pekerja sedang memperbaiki jalan akibat longsor beberapa hari lalu di Jembatan Kembar Pabrik Ganjang (Sidua-dua), Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun.

Namun tiba-tiba terdengar suara gemuruh tanah longsor. Sadar bahaya tengah mengintai, para pekerja langsung menyelamatkan diri. Setelah longsor berhenti, akses jalan menuju Danau Toba kembali terputus.

Bagi masyarakat yang biasanya melintasi kawasan itu, pihaknya mengimbau supaya mengambi jalur alternatif lain. Sebab, jalan itu akan ditutup sementara selama proses pembersihan dan perbaikan berlangsung.

"Kita arahkan untuk balik kanan ke arah Parapat atau Siantar. Untuk mencari kantong parkir terdekat atau memilih jalur alternatif lainnya," kata Bambang.



BACA JUGA : BMKG Sebut Jakarta Dapat Berpotensi Banjir Karena Supermoon

Untuk diketahui, longsor di lokasi yang sama sudah terjadi beberapa kali. Longsor sebelumnya terjadi pada Selasa, 18 Desember 2018. Longsor berikutnya pada Minggu dan Senin, 30-31 Desember 2018. ***

R24/wan

PenulisR24/wan


Loading...

loading...