riau24

Ternyata, Tiga Kepribadian Ini Menunjukkan Seseorang Lebih Sehat, Ini Penjelasannya

Rabu, 02 Januari 2019 | 16:30 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

RIAU24.COM - Tahukah kamu jika dari kepribadian, memiliki pengaruh pada kesehatan seseorang. Dalam sebuah penelitian menjelaskan, orang dengan beberapa kepribadian kemungkinan lebih sehat daripada yang lain.

Mengutip Liputan6.com, Rabu, 02 Januari 2019, mereka yang memiliki sifat ramah, percaya diri, dan optimistis dianggap mempunyai kepribadian yang sehat.

Hal itu menunjukkan bahwa mereka memiliki tingkat harga diri yang tinggi, optimisme, pandangan yang jelas akan diri sendiri, dan keterampilan dalam mengatur diri.

"Orang yang sehat secara psikologis dapat dicirikan sebagai orang yang mampu mengalami dan mengekspresikan emosi secara langsung, hangat, ramah, percaya diri dengan kemampuan mereka sendiri, stabil secara emosional, dan cukup tangguh terhadap stres," ujar penulis utama studi Weibke Bliedorn.

Selain itu, mereka juga tidak menunjukkan sifat yang tidak agresif, tidak mengeksploitasi orang lain, mandiri, serta mudah untuk melawan impuls dan tetap fokus.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Bliedorn dan rekan-rekannya dari University of California, Davis, Amerika Serikat. Mereka telah berkonsultasi dengan lebih dari 200 psikolog, serta mengumpulkan data dari tiga ribu orang lebih untuk dianalisis.

Mereka mengidentifikasi tentang sifat-sifat dasar yang membuat seseorang mampu menyesuaikan diri secara psikologis. Penelitian itu didasarkan pada lima besar kepribadian yaitu: neuroticism, extraversion, openness to experience, agreeableness, dan conscientiousness.

Studi tersebut juga menggunakan sistem kepribadian yang disebut Revised NEO Personality Inventory yang menguraikan 30 sub-kategori sifat yang tercantum sebelumnya.

PenulisR24/ibl


Loading...

loading...