riau24

Turki-Rusia Sepakat Perkuat Keamanan di Eurasia

Senin, 31 Desember 2018 | 12:56 WIB
Vladimir Putin Vladimir Putin

RIAU24.COM -  Presiden Rusia,  Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow dan Ankara akan terus meningkatkan kerjasama dalam memperkuat keamanan di wilayah Eurasia.  Demikian disampakkan Putin dalam sebuah pesan tahu baru kepada Presiden Turki, Tayyip Erdogan. 

"Saya yakin Turki dan Rusia akan terus memperkuat keamanan di kawasan Eurasia," kata Putin dalam pesannya kepada Erdogan, seperti dilansir Sindonews mengutip dari Anadolu Agency Senin 31 Desember 2018.



BACA JUGA : Ternyata, Sepertiga Pegawai Perempuan di PBB Pernah Dilecehkan Secara Seksual

Putin, dalam pesannya juga menyatakan keyakinannya yang kuat tentang kerja sama Rusia dan Turki dalam membantu perdamaian, keamanan, dan stabilitas di kawasan itu. Putin mencatat bahwa Turki dan Rusia dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam memerangi terorisme di Suriah dan memajukan penyelesaian politik di sana.

"Pembangunan unit pertama dari pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu (di Mersin, Turki selatan) telah dimulai dan bagian lepas pantai dari pipa gas "Turkish Stream" telah dibangun. Daerah baru yang menjanjikan dari kerja sama bilateral telah diuraikan," ungkap Putin dalam pesanya.



BACA JUGA : 15 Orang Tewas Dalam Penyerbuan di Hotel Mewah, Kelompok Ini Mengaku Bertanggung Jawab

Rosatom, perusahaan energi nuklir Rusia, adalah mitra konsorsium utama untuk Akkuyu, pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Turki. Erdogan dan Putin meluncurkan pembangunan proyek tersebut pada sebuah upacara di ibu kota Turki, Ankara, pada 3 April. Pabrik, dengan empat unit, masing-masing memiliki kapasitas 1.200 megawatt, akan memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan listrik Turki.

PenulisR24/iko


Loading...

loading...