riau24

Ini Cara Mudah Unduh Foto di Instagram, Tanpa Pakai Aplikasi Lain

Sabtu, 29 Desember 2018 | 19:49 WIB
Cara mudah mengunduh Foto di Instagram/int Cara mudah mengunduh Foto di Instagram/int

RIAU24.COM -  JAKARTA - Bagi pemakai aplikasi instagram, ada cara mudah yang dilakukan untuk mengunduh foto. Ini bahkan tanpa mempergunakan aplikasi tambahan yang banyak terdapat di playstore.

Aplikasi Instagram tak hanya sekadar menjadi sebuah media sosial, namun kini digunakan layaknya sebuah album foto untuk mengunggah foto-foto terbaik milik penggunanya.

Tapi saat ini belum ada tombol khusus yang dapat digunakan untuk men-download atau menyimpan kembali foto-foto yang telah diunggah. Untuk mendapatkan kembali foto yang diinginkan, pengguna biasanya mengakalinya dengan melakukan tangkapan layar (screenshot). Namun hasil tangkapan layar ini tentu saja memiliki kualitas yang lebih kecil.



BACA JUGA : Cincin Batu Akik Tempat Sembunyi Jin? Ustaz Abdul Somad Sebut Begini

Tak jarang gambar yang dihasilkan malah pecah saat diperbesar. Sebenarnya, ada satu cara khusus yang bisa dilakukan untuk mengunduh foto-foto yang telah diunggah di Instagram baik lewat aplikasi pada smartphone maupun lewat browser di PC.

Cara ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi Instagram dan tak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Berikut ini adalah kutipan pada Sabtu (28/12) tentang langkah dan ulasannya yang dijelaskan di Lifehacker.

Mengunduh foto Instagram lewat aplikasi di ponsel:
1. Buka aplikasi Instagram pada ponsel Anda dan kemudian buka halaman profil dengan menekan tombol ikon/foto profil Anda di ujung kanan bawah.
2. Setelah masuk pada halaman profil, tekan tombol berbentuk tiga garis yang ada di sebelah pojok kanan atas. Setelah itu masuk ke menu setting yang ada di pilihan paling bawah.
3. Pada menu setting ini gulirkan terus ke bawah. Nantinya Anda akan menemukan pilihan "Data Download".
4. Setelah itu, masukkan alamat email yang dituju untuk mengunduh foto-foto pada akun Instagram Anda.
5. Setelah memasukkan alamat email, ketik ulang password atau kata kunci akun Instagram milik Anda.

Setelah itu, Instagram akan memproses permintaan Anda tersebut.



BACA JUGA : Sedang Malas? Coba Hirup Aroma Wewangian Ini, Rasakan Dampaknya

Selain itu, ada cara yang bisa digunakan untuk mengunduhnya melalui browser di destop, yakni:

1. Buka halaman Instagram.com dan lakukan login pada akun Anda.
2. Setelah itu, masuklah pada halaman profil Anda dengan menekan tombol berbentuk manusia yang terdapat di pojok kanan atas.
3. Kemudian, di sebelah keterangan username pada halaman profil Anda, akan terdapat simbol roda gerigi kecil. Tekan simbol tersebut untuk masuk ke menu setting.
4. Kemudian akan muncul popup berupa beberapa pilihan. Tekan menu "Privacy and Security".
5. Pada menu ini, gulirkan ke bawah dan temukan pilihan "Data Download" tekan menu tersebut dan masukkan alamat email beserta password Instagram milik Anda.

Namun perlu diingat, proses mengunduh semua foto-foto pada akun Anda tidak akan dapat dilakukan secara cepat. Permintaan dalam pemprosesan yang disediakan Instagram maksimal adalah 24 jam. Setelah itu, Anda akan diberi tautan khusus untuk mengunduh seluruh foto pada akun tersebut melalui email yang telah didaftarkan sebelumnya.(***)


R24/phi

 

PenulisR24/nof


Loading...

loading...