riau24

Hari Kiamat Tinggal 50 Tahun Lagi? Ustaz Abdul Somad Jawab Begini

Sabtu, 29 Desember 2018 | 12:31 WIB
Hari kiamat (ilustrasi) Hari kiamat (ilustrasi)

RIAU24.COM -  Sabtu 29 Desember 2018, dalam ajaran Islam tidak ada yang bisa memastikan kapan dan bagaimana hari kiamat terjadi. Meski begitu dalam Alquran dan hadis Rasulullah SAW ada disampaikan tanda-tanda kiamat terjadi. 

Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah ditanya  kapan terjadinya hari kiamat. "Apakah benar hari kiamat tidak sampai 50 tahun lagi? Karena ada hadis menyebutkan begitu," tanya seorang jamaah seperti yang divideo instagram @ummatrasulullah.id. 

Mendapat pertanyaan itu Ustaz Abdul Somad (UAS) sampaikan bahwa itu bukan berasal dari hadis langsung. "Bedakan hadis nabi dengan ijtihad ulama. Yang bilang 1.500 tahun lagi umur umat Muhammad itu bukan hadis. Tetapi pendapat atau ijtihad kepada hadis nabi. Jadi bisa benar bisa salah," kata Ustaz Abdul Somad (UAS). 


"Tetapi saya tetap berpedoman kepada Alquran. 'Mereka bertanya kepadamu Muhammad tentang hari kiamat, maka katakanlah. Yang tahu hanya Allah SWT saja...(Al-A’raaf: 187)'. Jadi kita ini tidak disuruh kapan mencari kapan hari kiamat itu. Kita ini diminta untuk beramal sebanyak-banyaknya sholat, zakat, infak, sedekah, untuk bekal akhirat. Sekarang banyak orang sibuk mencari kapan hari kialat, sampai dia luma menambah amal untuk bersiap menghadapi kiamat," kata Dosen  hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini. 

Tanya jawab menarik UAS lainnya bisa disimak di media sosial (Medsos) youtube atau instagram. Hanya saja sebaiknya tonton sampai usai agar tidak terjadi salah paham. 

PenulisR24/riki


Loading...

loading...