riau24

Ini 7 Manfaat Air Mani bagi Wanita dan Pria, No 3 Tak Disangka

Kamis, 20 Desember 2018 | 15:17 WIB
Ilustrasi Ilustrasi

 

RIAU24.COM - Semen atau air mani adalah cairan yang dikeluarkan melalui penis ketika pria mengalami ejakulasi setelah mencarapi orgasme. Di dalam air mani terkandung sel sperma dan banyak senyawa lainnya. Senyawa yang terkandung dalam air mani mecakup mineral, vitamin, hormon, hingga enzim.

Berdasarkan berbagai penelitian, berikut adalah berbagai manfaat air mani untuk wanita dan pria yang wajib diketahui.  Apakah itu berikut ulasanya sebagaimana dilansir dari Doktersehat.com 18 
Desember 2018: 

1. Mencegah rambut rontok

Manfaat sperma yang terakhir adalah dapat mencegah kerontokan rambut. Terdapat senyawa spermidine dalam sperma yang dipercaya mampu untuk memperkuat batang rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut. Spermidine juga dapat diketahui dapat merangsang sel utama yang memengaruhi pertumbuhan rambut.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

Anxiety disorder atau gangguan kecemasan adalah sebuah gangguan mental yang ditandai dengan rasa cemas, ketakutan, dan khawatir yang berlebihan. Manfaat air mani yang kedua adalah dapat mengatasi gangguan kecemasan tersebut. Beberapa hormon yang terdapat dalam air mani seperti oksitosin, progesteron dan serotonin merupakan hormon anti-kecemasan yang dapat menurunkan gejala gangguan kecemasan.

Selain itu, gangguan kecemasan juga sangat mungkin disebabkan oleh stres oksidatif. Sehingga jika kita dapat mencegah stres oksidatif, maka gangguang kecemasan juga dapat dicegah.

3. Sumber antioksidan

Manfaat air mani yang pertama adalah sebagai sumber antioksdian. Berbagai kandungan senyawa dalam air mani dapat bertindak sebagai antioksidan mulai dari oksitosin, progesteron, NGF (nerve growth factor), melatonin, vitamin C, glutathione, dan masih banyak lagi senyawa lainnya.

Kandungan antioksidan ini sangat penting untuk mecegah stres oksidatif yang merupakan kondisi di mana kandungan radikal bebas sudah melewati batas tolenransi tubuh. Sayangnya hingga saat ini belum terdapat penelitian yang menunjukkan seberapa persen kandungan antioksidan dalam air mani dapat memenuhi kebutuhan antioksidan secara keseluruhan.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat sperma atau air mani selanjutnya adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebelumnya sudah disebutkan bahwa air mani memiliki kandungan NGF atau faktor pertumbuhan saraf. NGF memiliki peran yang besar dalam petumbuhan, pemeliharaan, dan pertahanan neuron. Jika kadar NFG terjaga, maka begitu juga dengan fungsi kognitif otak.

Kadar NGF dalam tubuh dapat menurun akibat stres, obesitas, sindrom metabolik, diabetes, dan kondisi tubuh lainnya. Meningkatkan NFG dapat dilakukan dengan cara menalan sperma. Selain itu, kondisi seperti jatuh cinta atau latihan yoga juga dapat meningkatkan NFG.

5. Mencegah stres (Antidepresan Alami)

Manfaat air mani yang ketiga adalah dapat mencegah stres. Fakta bahwa air mani dapat mengatasi gangguan kecemasan membuktikan bahwa air mani dapat menjadi antidepresan alami. Sebuah penelitian pada sekelompok wanita juga menunjukkan bahwa wanita yang berhubungan seks tanpa kondom memiliki riksiko depresi yang lebih rendah.

6. Mencegah peradangan dan infeksi

Manfaat air mani selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan dan mencegah infeksi. Beberapa senyawa seperti oksitosin, progesteron, kortisol, serta NGF merupakan senyawa antiinflamasi. Selain itu, kandungan protein dalam air mani juga memiliki aktivitas antimikroba yang cukup tinggi, sehingga air mani memiliki manfaat untuk dapat mencegah infeksi akibat bakteri, jamur, hingga virus.

7. Menurunkan risiko preeklamsia

Menurunkan risiko preklamsia adalah salah satu manfaat sperma bagi wanita. Preeklamsia adalah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat berbahaya bagi ibu hamil. Ketika wanita hamil menelan air mani, maka wanita tersebut dapat lebih toleran terhadap kandungan protein yang terkandung dalam sperma. Hal ini lah yang dapat menurunkan risiko preeklamsia.

Meskipun dapat menurunkan risiko preeklamsia, tapi belum diketahui apakah air mani dapat mencegah atau mengatasi tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor lain selain kehamilan.

Cara Mendapatkan Manfaat Air Mani

Cara mendapatkan manfaat sperma bagi wanita dan pria tentunya berbeda. Mendapatkan manfaat air mani para pria bisa dilakukan dengan sebuah teknik yang disebut dengan injaculating. Teknik ini berlawanan dengan ejakulasi, yaitu ketika air mani tidak dikeluarkan dari dalam tubuh, tapi justru diserap ke dalam tubuh.

Injaculating dipercaya baik untuk pria karena air mani terserap ke dalam darah sehingga dapat disarakan berbagai manfaat air mani seperti yang disebutkan di atas. Cara ini merupakan satu-satunya cara mendapatkan manfaat air mani bagi pria.

Sedangkan untuk manfaat sperma atau air mani bagi wanita, dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu seperti menelan sperma, melalui anal, berhubungan seksual tanpa kondom, atau dapat juga dengan cara sublingual (membiarkan air mani berada di bawah lidah selama beberapa lama sebelum menelannya).

Cara yang dianggap paling efektif dari keempat cara tersebut adalah jika air mani masuk ke tubuh melalui vagina dengan hubungan seksual tanpa kondom. Sedangkan cara melalui oral dianggap kurang efektif karena banyak kandungan air mani yang dianggap akan ternetralisir ketika masuk ke dalam lambung.

 

PenulisR24/iko


Loading...

loading...